'Batikta' dukung kemajuan ekonomi kreatif Danau Toba - Antara Sumut

'Batikta' dukung kemajuan ekonomi kreatif Danau Toba - Antara Sumut

Medan (ANTARA) - "Batikta", sebuah pusat oleh-oleh yang berlokasi di Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, memiliki andil besar dalam memajukan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

 
Gerai Batikta ini diresmikan oleh Arief Yahya yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata pada Juli 2019.
 
Trisnayanti boru Pardede, selaku pendiri Batikta, Rabu, mengatakan bahwa istilah Batikta berasal dari kata Batik Ni Huta yang artinya Batik-nya Kita.
 
Gerai Batikta ini dipenuhi barang-barang etnik. Gerai Batikta juga menjual kain ulos, kerajinan ukiran hingga pakaian yang bercerita tentang budaya Batak.
 
Menjadi kebanggaan Trisnayanti bisa melestarikan budaya leluhur dengan cara yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Baca juga: Pizza Andaliman, kuliner khas Toba yang kian diminati
 
"Ada kain khas di Sumut yang ditenun itu namanya ulos, itu lambang kasih sayang dan sering dipakai dalam acara adat. Jika sebatas difungsikan kain saja, tidak banyak yang akan membelinya. Akhirnya kita membuatnya jadi lebih simpel dengan menjadikannya produk turunan berupa busana dan aksesoris," katanya.
 

Pendiri Batikta Trisnayanti boru Pardede. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

 
Dengan tagline "Kain yang bercerita", gerai Batikta memiliki visi bisnis yang bertujuan merangkul masyarakat untuk mengembangkan keterampilannya, terutama dalam pengembangan seni kreatif dan cinderamata.
 
"Produk-produk di Batikta ini merupakan hasil kerajinan tangan para pengrajin di Sumut, khususnya di Toba. Dengan Batikta ini kita berharap bisa mendukung ekonomi kreatif kawasan Danau Toba," katanya.

Baca juga: Kopi Sidikalang, cita rasa kopi berkualitas dunia
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Agus Karo-Karo berharap Batikta mampu menjadi wadah awal bagi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif di Balige maupun Danau Toba. 
 
Keberadaan Batikta diharapkan dapat merangkul hasil pengrajin Batak lainnya, serta memacu masyarakat lokal dalam mengembangkan produk cinderamata yang penuh kreativitas.
 
"Ini merupakan sebuah langkah maju untuk pariwisata Danau Toba yang semakin mendunia. Dengan adanya gerai Batikta ini maka wisatawan makin dimudahkan dalam mencari oleh-oleh cinderamata khas Danau Toba," katanya.
 
#GernasBBI
#BeliKreatifDanauToba
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021
 
https://sumut.antaranews.com/berita/371220/batikta-dukung-kemajuan-ekonomi-kreatif-danau-toba

Related Posts: